Top

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH LINGGA, ASESOR BAN-PT: MEMUJI KEKOMPAKAN DAN KELENGKAPAN BERKAS

VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH LINGGA, ASESOR BAN-PT: MEMUJI KEKOMPAKAN DAN KELENGKAPAN BERKAS

(LINGGA). Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah LIngga (STIT-Lngga) divistasi oleh tim Asesor Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), kegiatan berlangsung mulai tanggal 1-3 Agustus 2019 sesuai jadwal yang telah di tugaskan oleh BAN-PT.

Tim Asesor yang melakukan Asesmen Lapangan dalam pelaksanaan akreditasi , yaitu Ibu Dr. Sururin, M.Ag  (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah) dan Bapak Dr. Muslih. MA  (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang ). Kedatangan Tim Asesor disambut oleh Ketua STIT-Lingga Bapak Dr. Pauzi, M.Si. didampingi para Wakil Ketua, Ketua Prodi PAI, para Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sambutan Dr. Muslih, MA. selaku Team Asesor BAN-PT dalam pembukaan Visitasi Akreditasi Program Studi PAI STIT Lingga

Kegiatan pembukan visitasi ini dipusatkan di Ruang Rapat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Lingga yang dihadiri oleh Ketua beserta unsur pimpinan, dosen, mahasiswa STIT-Lingga dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga ( Bapak Drs Junaidi Adjam ), Kepala Kemenag Kabupaten Lingga (H. Muhammad Nasir, S.ag.,MH ), setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan asesmen borang prodi PAI di ruang Rapat Senat STIT Lingga.

Dalam proses penilaian akreditasi, kedua asesor membagi tugas kerja. Dr. Muslih, MA melakukan tanya jawab intensif dengan pimpinan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan jajaran dosen tetap sedangkan Dr. Sururin, M.Ag berdiskusi dengan Ketua dan Wakil Ketua STIT Lingga.  Asesor pun turut memuji kekompakan dan kelengkapan berkas Prodi PAI STIT Lingga.

Meskipun demikian, ada hal-hal yang harus ditingkatkan seperti jumlah dosen yang melanjutkan pendidikan di jenjang S-3 serta peningkatan di bidang publikasi jurnal penelitian. Dr. Muslih, MA juga berpesan agar Prodi PAI terus mengembangkan kurikulum agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan era revolusi industry 4.0. ‘Walaupun belum pernah meluluskan mahasiswa akan tetapi pengembangan kurikulum harus mengikuti mengikuti perkembangan zaman,’’ katanya.

Terkait dengan hasil kegiatan visitasi akreditasi, Dr. Muslih, MA mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun networking serta membuka persahabatan dan sekaligus pembinaan kepada Prodi PAI tentang strategi dan langkah-langkah memajukan Prodi PAI agar lebih baik lagi kedepannya. ‘’Kami berharap dengan proses Akreditasi, kita dapat saling berkomunikasi tidak hanya saat ini tapi untuk ke depannya kita masih bersahabat. Di sini kami hanya memotret, nanti kami sampaikan ke BAN-PT. Hasil akhirnya merupakan keputusan Dewan Eksekutif,’’ ujar Dr. Muslih, MA.

Sementara itu, Ketua Prodi PAI, Syamsul Ridwan, M.Pd.I. bersyukur proses visitasi akreditasi Prodi PAI berjalan dengan lancar dan semoga hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama. Ia pun mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh para asesor dan berjanji untuk menindaklanjutinya.(Is)

Partner :

Talk to us

+62 822 8396 6479